Rabu, 07 September 2011

Rekaman bisa juga kog dirumah gk perlu ke studio rekaman !

Oke broder kita lanjutin ngobrol tentang bikin lagu. Ehm, udah gw kasih tau cara nulis lagu. Nah, sekarang gw bakal ngasih tau cara buat ngerekam lagu. Cari studio rekaman yang bagus itu emang penting kalo loe udah pengen produksi album. Tapi kalo loe cuma mau rekaman iseng – iseng, sekedar buat dokumentasi pribadi ala kadarnya, atawa sebatas bikin demo doank, loe gak mesti keluarin duit banyak buat nyewa studio. Jaman udah canggih, cuy. Biar miskin, kita kudu tetep bisa ngemanfaatin teknologi donk. Ya gak??? Makanya nih, gw udah siapin tips tentang barang apa aja yang wajib disiapin kalo pengen ngerekam lagu di rumah.


1. Komputer atawa Laptop Standar
Loe pada ngerti Komputer…???
Gak…??? Sama donk. Gw jg kagak ngerti, wkwkwkwk. Tapi gw punya komputer dirumah yang bisa dipakek buat rekaman. Bentuknya standar. Monitornya kotak dan ada papan yang disertai huruf – huruf, hahahaha. Komputer biasa aja kok. Pentium 4 doank. Tapi berhubung sering dipakek rekaman dan gw takut tuh hard disk penuh, akhirnya hard disknya gw ganti sama yang agak gedean, ukuran 160 GB. Maklumlah data audio emang makan banyak tempat, ukurannya gede – gede. Jadi panteslah kalo gw nyiapin hard disk yang gede juga biar stok lagu gw makin banyak. Sekalian buat nyetok film juga sih (nah loh,huahahahahah).
Terus biar computernya gak lemot, gw jg udah nambah memori atawa RAM-nya jadi 2 GB. Gak mesti segitu sih. Pakek komputer dan memori yang standarnya dibawah itu juga udah bisa. Tapi yang namanya teknologi, biasanya kalo makin canggih bakal makin bagus. Dan rata – rata komputer atawa laptop keluaran tahun – tahun belakangan ini pasti udah amanlah buat dipakek rekaman. Tapi supaya kinerja komputer loe maksimal, loe juga boleh kok ikutan saran gw buat ngeganti memori dengan yang lebih gede. Makin gede memori, bakal makin mantep kerja komputer loe, wekekekek…

2. Speaker / headphone
Supaya loe bisa dengerin instrument yang loe maenin, plus bisa dengerin hasil musik yang loe rekam, wajib hukumnya loe pasang speaker di komputer loe! Standarnya sih, di studio rekaman orang always pakek flat speaker. Katanya karna frekuensi yang dihasilin lebih balans dan details. Tapi berhubung itu flat speaker harganya lumayan nonjok, loe gak mesti segitu susah payahnya kok. Pakek speaker bawaan komputer loe juga gak apa – apa, sob. Kalo gak ada speaker, ya pakek aja headphone biasa. Colokin deh ke slot soundcard dibelakang CPU loe yang warnanya ijo. Yang penting suaranya kedengaran deh. Masalah kualitas entar dulu, hehehehehe. Tapi ati – ati ye kalo pakek headphone. Awas kuping loe budeg!!! Wakakakak..

3. Software Audio
Supaya komputer loe bisa ngerekam, y aloe kudu nyiapin software bwt ngerekam audio donk. Ada banyak software yang bisa dipakek buat menunjang proses rekaman. Antara lain Cakewalk Pro Audio, Cool Edit, Nuendo, Pro Tools, dll. Semua software itu sama saja. Tinggal gimana kuping si opeartornya. Kalo kupingnya jago, biarpun pakek software yang paling jadul sekalipun, hasilnya bakal tetep mantep. Trus ada juga software lain yang biasa di pakek buat bikin bit drum, namanya Fruityloop (FL). FL ini serinya udah banyak banget, yang terbaru itu FL8. Yah, tapi kalo untuk pemakaian minimalis, FL berapapun gak jadi masalah yang penting bisa dipakek buat bikin ketukan drum. Oh iya jangan lupa juga. Software – software itu loe install ke computer loe ya!! Jangan didiemin aje, wakakakak. Apa jangan – jangan loe gak tau caranya install program lagi??? Duuuh, bikin malu aje loe. Belajar donk. Dicoba…!!!!

4. Converter atawa Soundcard
Biasanya di tiap komputer tuh udah tersedia perangkat soundcard bawaan (on board). Loe cek aja bagian belakang CPU loe. Biasanya sih ada 3 lubang yang masing – masing berwarna pink, ijo dan biru. Nah lubang warna pink itu gunanya buat colokan mikrofon, yang ijo buat headphone atawa speaker, yang biru buat line – in kayak gitar, bass dan instrument lainnya. Kalo ketiga lubang itu sehat, proses rekaman sebenarnya udah bisa loe lakuin nih. Tapi kadang kalo computer loe gak canggih – canggih amat, suka ada aja masalah yang bikin bingung. Contohnya adalah hasil rekaman yang suka telat. Pas proses rekaman, perasaan loe nge-take nya udah bener,. Tapi waktu diputer ulang ternyata kok jadi lambat. Nah pusing deh loe. Makanya untuk mengantisipasi hal ini loe gak perlu pakek acara panic dan bingung. Jawabannya cuma satu. Loe perlu tambahan soundcard..!!!
yupz…smoga info gw bermanfaat….
oio jng lupain gw yow klw lagu loe jd hit…..
wkwkwkwkwk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar