Sabtu, 03 September 2011

Cara Scream (Scream/Gowl/Pig squeal) Yang Benar (menurut saya pribadi)




Sekarang saya akan meberitahu cara Scream menurut saya pribadi,,heheheheh
Hmmm,,,scream pastinya harus Exhale !! karena kalo di lakukan secara Inhale itu mah?bukan scream lagi tapi jadi growl !!
Scream adalah jeritan yang menghentak !! ini biasanya di gunakan pada band2 yang beraliran Screamo.
Tapi saya akan mencoba membagikan cara berscream yang benar.


- Lebih baik kita harus sering mendengar lagu dari band2 screamo.. seperti alesana dan saosin band2 itu banyak melakukan Exhale !!

- Kalo mau all out .. berarti harus berteriak sekuat tenaga..lebih baik anda lakukan ini di studio Band,karena kalo dirumah ataupun tempat umum pasti anda akan di kira mabuk atau kerasukan !! haha(saya sering di sangka begitu :-p)
- Tapi cara yang benar sebenarnya tak usah berteriak sampai kehabisan.. scream yang paling bagus kalo kita itu melakukan dengan setengah suara tapi terdengar nyaring? seperti yang part lagu ?one day she will tell you that she has enough? pada lagu Face Down by The Red jumpsuit Apparatus . Kita bisa melakukannya tanpa all out !!
- Kalo mau bescream nafas itu di kuatkan pada perut bukan dada..kalo dada itu untuk growl !!
- Usahakan tenggorokan itu harus basah2 karena kalo kering..di jamin screamnya bakal gak jadi !!!hhahah
- Waktu ber scream..nafas itu di buang keluar !! sambil menyanyikan part yang akan di scream-kan..
- Kalo kita melakukan scream . yaitu membuang keluar ,,dan mencampurkan nada rendah,bunyi nya akan seperti bergrowl rendah !!
- Kalo kita berscream rendah truss all out ..coba dengar suaranya Jack Balck (Vokalisnya Alesana) ?. Nanti bunyi nya akan semacam itu..(aku juga loh kalo scream rendah bunyinya sama ? ;-p *pamer* wkwkw)
- Kalo aku berscream tapi gak all out,cuman stengah suara tapi nyaring...bunyinya akan seperti vokalis In This Moment?(coba deh dengar lagu2 mereka?)




PENTING !! : 


di dorong pake diafragma, cari sweet spot of screaming dulu..terutama latih cara ngambil nafasnya (diafragma).. krn kalo salah lo bakalan black out (gelap pandangan) dan kalo terlalu parah bisa pass out (pingsan).

cara ngambil nafas yg salah bisa ditandai dengan pusingnya kepala kita saat growl apalagi screaming..


emang susah nyarinya, kalo udah ketemu juga belum tentu langsung bisa, kayak kalo mau nyanyi nada tinggi, kalo nggak latihan kan suaranya suka nyekop gitu, alias melengkung.

terus kalo mau lama, harus latian napas, soalnya growl atau nada nyanyi rendah itu lebih mbutuhin udara dibanding nada tinggi. makanya kan jarang ada vox metal yang bisa growl lama, itu emang udah dari sononya, ada gambar pita suara nada rendah yang lebih mbuka daripada nada tinggi, makanya butuh udaranya juga banyak yang rendah....

growl relatif lebih gampang dipelajari dan nggak bikin sakit dibanding screaming yang falsetto yang cenderung salah.

ok selamat mencoba

tapi awas ini sangat ngaruh ke pita suara lo


Nah saya rasa sudah cukup ? selamat mencoba!! Maaf ya jika kurang memuaskan..

Tips :
.Banyakan minum air putih
.Pernafasan dilatih terus

4 komentar:

  1. gw baca google supaya bisa scream bacaan'e gini melulu ngikutin tai..! ! ! ! ! ! ! !

    BalasHapus
  2. aku latihan scream di tmpat umum,, tpi skali" scream,,, kdang pas naik motor,, tba" scream wkwkw...:P

    kalau di studio musik terus nda da uang brad hahaha :D

    mksiih saran nya,...ok,,, aku niat pgen bgt bisa scream yg sempurna...yg bner" jdi gitu hehe :P

    BalasHapus